Pengadaan Sumur Bor di Dusun Gondang, Kalurahan Duwet

Nur Ihsan Dwiriyanti 11 Agustus 2023 07:21:39 WIB

Duwet - Pengadaan sumur bor merupakan alternatif yang dapat dilakukan  untuk memenuhi kebutuhan air harian. Salah satu lokasi yang dibangun sumur bor, yaitu di lahan pertanian Dusun Gondang, Kabupaten Gunung Kidul.

Kunjungan terhadap pembangunan sumur bor di lahan pertanian Dusun Gondang dilakukan pada Jumat, 7 Juli 2023. Pada kunjungan tersebut turut hadir Perwakilan Dinas Pertanian Gunung Kidul, Lurah Duwet, Ulu-ulu Duwet, Dukuh Gondang, Ketua Kelompok Tani Gondang, serta perwakilan tim KKN-PPM UGM.

Surat Perintah Kerja (SPK) untuk program pengadaan sumur bor di Dusun Gondang ini sudah sejak 28 Oktober 2022. Namun, untuk pelaksanaanya perlu sosialisasi kepada warga masyarakat, persetujuan serta pengoordinasian terkait lahan yang akan dibangun sumur bor.

Pembangunan sumur bor di lahan pertanian Padukuhan Gondang ini rencananya akan dibangun di tiga titik, dengan satu titik mencakup lima hektar, berarti jika tiga titik minimal 15 hektar sudah harus tercukupi. Sumber dana proyek ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2023. Untuk perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaannya mutlak dipegang oleh kelompok tani tetapi tetap diawasi sehingga pengerjaannya tetap sesuai dengan spesifikasi yang ada. Dengan diadakannya sumur bor ini, diharapkan hasil tani masyarakat dapat meningkat, terutama di musim kemarau.

Menurut Suparno, Ketua Kelompok Tani Gondang, “Rencana kedalaman pengeborannya ialah 83-84 meter tetapi di kedalaman 14 meter sudah ada airnya. Untuk mekanismenya masih harus dirapatkan terlebih dahulu, mau memakai meteran atau toren air. Pengembangannya akan dibelikan pipa untuk pelebaran, sedangkan pemakaiannya menggunakan modal dari petani sendiri.”

 

Penulis: Oktin Eka Siwi

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar