TRADISI PELESTARIAN BUDAYA NYADRAN BERSIH SUMUR SOKA

Nur Ihsan Dwiriyanti 28 September 2021 16:05:51 WIB

Duwet (SIDA) - Senin, 27 September 2021 Kalurahan Duwet melaksanakan Kegiatan Adat Budaya yang sudah dilaksanakan secara turun temurun, Ritual Adat bersih sumur tua selalu dilaksanakan setiap 3 Tahun sekali dihari Senin Legi. Sumur soka ini diyakini oleh masyarakat setempat sebagia sumber keberkahan dan keberuntungan. Ritual ini disebut nyadran Sumur Soka yaitu bersih sumur pertama yang ada di dusun Jogoloyo,  sumur ini sebagai mata air utama dan pertama sebagai sumber mata air yang perlu dilestarikan.

Sumur Soka ini diyakini sudah ada sejak masa kepemimpinan Bupati Gunungkidul yang ke-2, kanjeng Raden Tumenggung Prawirosutikwo. Air dari sumur soka ini tidak pernah mengering sama sekali walaupun musim kemarau panjang. Sehungga keberadaannya dapat dimanfaatkan oleh 4 padukuhan yang ada diwilayah kalurahan Duwet yaitu Duwet, Gondang, Jambe dan Jogoloyo. 

Dalam Sambutanya Lurah Duwet Warsito mengatakan bahwa acara tersebut merupakan kegiatan budaya yang sudah rutin dilakukan oleh masyarakat Kalurahan Duwet di empat padukuhan. Dengan demikian meskipun pada masa pandemi Covid-19, acara tersebut tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Bapak Lurah Warsito juga menyampaikan dalam sambutanya, Acara ini tetap dilaksanakan karena mengingat kpercayaan masyarakat tentang keberadaan sumur soka ini adalah dapat mensejahterakan warga amasyarakat dan antusias masyarakat yang sangat besar sehingga pemerintah kalurahan berat untuk melepaskan karena masyarakat sangat menghendaki. Masyarakat percaya bahwa bahwa apabila tidak dilaksanakan ritual tersebut maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ini sudah menjadi prinsip warga masyarakat.

Ritual nyadran bersih sumur soka ini dilaksanakan dengan beberapa rangkaian acara yaitu, dengan keyakinan sbelum acara menyembelih kambing, kemudian dilaksanakan kenduri diplataran sumur soka dan sebagai puncak acara yaitu dipersembahkan tarian seni topeng. Tarian ini ditarikan oleh generasi generasi pribumi sehingga tarian masih sangat khas dengan adat budaya dari acara nyadran ini. Dengan selalu dilaksanakan ritual tersebut semoga kebudayaan nenek moyang ini akan tetap slalu dilestarikan dan menjadi icon Adat kebudayaan yang ada dikalurahan Duwet. Kebudayaan Seni topeng ini juga sudah mendapat perhatian dari Kundha kabudayan Kabupaten Gunungkidul.

Dalam Ritual nyadran sumur soka ini setelah dilakukan kenduri maka warga masyarakat sekitar mempercayai bahwa air yang diambil dari sumur ini akan memberikan khasiat yang sangat luarbiasa untuk kehidupan. Sehingga warga masyarakat saling berebut untuk mendapatkan air tersebut untuk dibawa pulang.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar